Kamis, 01 Desember 2011

Karakteristik Anak Cerdas Istimewa



“ Menganalisis Film yang berjudul Little Man Tate

Karakteristik Anak berebutuhan khusus ini :

a.    Secara psikologis dalam perkembangannya ia mengalami lompatan perkembangan yang berakibat seringkali perkembangan intelektualnya jauh berada di atas usia kalendernya. Hal ini akan mengakibatkan adanya deskrepansi (perbedaan) antara psikis dan biologisnya yang berdampak pada masalah pedagogis. Karena itu usia kalender (milestone) secara umum yang sering digunakan untuk populasi cerdas istimewa. Sangat terlihat sekali dalam film tersebut ketika Fred seperti anak ajaib yang ahli dalam memainkan piano, dan sangat pandai dalam ilmu matematika, juga ahli dalam membuat puisi. Fred harus lompat kelas dari kelas 2 SD ke salah satu pelajaran di perguruan tinggi.

b.    Anak cerdas istimewa seringkali usia sangat dini namun sudah mempunyai rasa ingin tahu yang sangat besar. Dalam film terlihat jelas ketika fred sangat berbeda dengan teman-teman seusianya. Dia selalu memikirkan hal-hal berat seperti keadaan dan berita-berita yang berkembang mengenai kehancuran dunia dan lain sebagainya. Dia lebih memilih menghabiskan liburan musim panasnya untuk belajar di perguruan tinggi ketimbang pergi ke Disney melihat keindahan, bermain air dalam kolam renang yang indah dan luas serta pesta kembang api, yang pada umumnya liburan seperti itu yang diinginkan anak seumurannya.

c.    Mempunyai energi yang luar biasa sehingga menyebabkan ia selalu melakukan observasi, eksplorasi, dan mempunyai jam tidur yang lebih sedikit daripada anak-anak normal. Dalam film terlihat jelas ketika fred sangat berbeda dengan teman-teman seusianya. Dia tidak bisa tertidur pulas karena dia selalu memikirkan hal-hal berat seperti keadaan dan berita-berita yang berkembang mengenai kehancuran dunia dan lain sebagainya. Dia berupaya membongkar telepon seluler guna mencari tahu keberfungsiannya bahkan membetulaknnya.

d.   Sekalipun ia mempunyai ketahanan kerja yang tinggi dan mempunyai konsentrasi yang intens pada satu kegiatan atau tugas tetapi ia juga mampu melakukan kegiatan lain yang berbeda-beda. Artinya dalam menangkap dan melakukan pemprosesan informasi ia melakukannya dengan sangat efisien dengan kapasitas yang besar. Dapat memberikan perhatian ke berbagai hal sekaligus dengan kualitas yang sama baik.

e.  Selain mempunyai daya ingat yang luar biasa dan minat yang luas, dan juga ia mempunyai rasa humor yang besar. Mungkin apabila dilihat pada film ini Fred justru terlihat murung, tidak bisa bergaul dengan teman sebayanya, dia menganggap teman terbaiknya ialah Dede yaitu ibunya. Disini mungkin terlihat karakteristik yang berbeda pada Fred apabila dilihat dari karakteristik dalam teori karena tidak semua anak mempunyai kepribadian yang sama. Fred lebih kepada tipe kepribadian yang introvert. Bisa kita lihat ketika Fred tidak mau merayakan ulang tahunnya padahal apabila anak seusianya itu sangat mendambakan hal tersebut. Lalu ketika Fred tidak dapat bergabung bermain bola dengan teman sebayanya. Serta Fred dianggap aneh dan ia dikucilkan oleh teman-teman sekelasnya. Awalnya guru di sekolahnya pun mengaggap Fred anak yang aneh, namun akhirnya ia menyadari bahwa Fred harus lompat kelas dari kelas 2 SD.

f.   Mempunyai sifat perfeksionis, kemandirian, dan menginginkan kerja menurut caranya sendiri. Jelas sekali terlihat dalam film tersebut ketika Fred membuat puisi-puisi nya, mengerjakan soal fisika di perguruan tingginya dan terlihat dari serangkaian pertanyaan-pertannyaan yang dia ajukan kepada Dede yang sangat tinggi dan luas yang apabila dilihat dari umurnya sangat tidak mungkin.

g. Perkembangan perfeksionisme dan keinginannya mempelajari berbagai hal dari dasar, dapat membawanya pada pemikiran-pemikiran yang jauh dan tidak biasa dipikirkan oleh anak seusianya. Misalnya ketika Fred selalu memikirkan hal-hal berat seperti keadaan dan berita-berita yang berkembang mengenai kehancuran dunia dan lain sebagainya, dimana pemikiran-pemikiran yang sangat jauh itu dapat membawanya pada cara-cara berfikir yang berkelanjutan dan dalam. Cara-cara berpikir ini dapat memicunya kearah kecemasan dan keinginan bunuh diri, dan memerlukan bimbingan pemikiran dan pengarahan yang baik. Apabila dilihat pada film, Fred selalu sulit tidur dan mendapatkan mimpi yang buruk sehingga dalam sehari dia hanya tertidur beberapa jam saja.

h.    Sejak dini seringkali mereka sudah belajar membaca dan menulis dengan caranya sendiri, tanpa diajari. Kemampuan membaca dan menulis sendiri ini seringkali justru membawa masalah karena motorik halusnya yang belum berkembang baik dan memadai yang dapat menyebakannya kefrustasian dan justru ia enggan menulis. Untuk hal ini ia memerlukan perhatian latihan motorik halus.

i.    Sejak dini sekali seringkali ia sudah belajar tentang pemahaman angka dan berhitung dengan caranya sendiri tanpa diajari. Cara belajarnya ini justru seringkali berbeda dengan cara-cara atau metode yang diajarkan disekolah, apabila tak diperhatikan dan si anak dituntut harus mengikuti metoda disekolah, hal ini akan membawanya pada rasa kecewa yang luar biasa yang dapat melahirkan motivasi negative kesekolah. Apabila dilihat dalam film Fred selalu terlihat bosan dengan suasana dan pelajaran di kelasnya, dia sering kali terbengong atau tida memperhatikan guru yang ada di depannya, mungkin itu dikarenakan pelajarannya terlalu mudah dan tidak ada tantangannya.

j.   Mempunyai perkembangan berbicara dan berbahasa yang lebih cepat daripada anak-anak seusianya dan mempunyai daftar kata-kata pasif yang melebihi seusianya ; tetapi sebagiannya mengalami perkembangan bicara yang sekalipun mendahului teman sebayanya namun kemudian seringkali berlanjut pada perkembangan berbahasa pasif, untuk kemudian ia akan cepat mengejar ketinggalan.

k. Mempunyai perkembangan nalar yang cepat dan sangat baik, mampu memahami hubungan, sebab akibat dan perbedaan.

l.    Mengalami ketertinggalan dalam fase objectpermanent. Pada usia anak normal perkembangan ini akan berlangsung di usia sekitar 18 bulan, yaitu perkembangan membayangkan seolah-olah orang tuanya berada di sisinya, sekalipun ibunya tidak berada di sisinya atau tidak terlihat dan permainan dapat dianggap sebagai ibunya. Namun pada anak-anak cerdas istimewa perkembangan ini baru akan berlangsung di usianya yang ke 2,5.

m.  Mempunyai perkembangan psikomotorik yang cepat mendahului teman sebayanya.


Kondisi Internal dan Eksternal :

1.      Kondisi Internal

Apabila dilihat dari cuplikan film Little Man Tate, yang diperankan oleh Fred sebagai anak CIBI, terlihat jelas bahwa dia sangat kesepian karena keistimewaanya itu orang-orang sekelilingnya menganggap dia anak yang aneh dari mulai teman-temannya hingga gurunya. Sehingga Fred tidak pandai bersosialisasi. Menurutnya teman terbaiknya adalah Dede yaitu ibunya. Namun disisi lain Fred sangat bisa berkontribusi untuk keistimewaannya. Dia menyadari akan keistimewaan dan keberbakatannya sehingga dia gemar membaca berita, memikirkan kejadian mendatang, melukis dan membuat puisi serta bermain piano. Dia pun lebih memilih menghabiskan liburan musim panasnya untuk belajar di perguruan tinggi ketimbang pergi ke Disney melihat keindahan, bermain air dalam kolam renang yang indah dan luas serta pesta kembang api, yang pada umumnya liburan seperti itu yang diinginkan anak seumurannya.

2.      Kondisi Eksternal :

Apabila dilihat dari film diatas sangat terlihat sekali bahwa orang-orang sekeliling Fred tidak menerima akan keistimewaan dan keberbakatan Fred. Mereka lebih menganggap Fred itu anak yang aneh, itu mungkin dikarenakan ketidaktahuan mereka dan keanehan sifat yang berbeda pada Fred yang berbeda dengan teman sebayanya. Begitu juga dengan Dede, ibunya Fred yang sebenarnya mengetahui keistimewaan dan Keberbakatan Fred namun dia cenderung menutupi dan menginginkan anaknya tumbuh seperti anak normal lainnya mesti dia mengetahui kalau Fred berbeda. Namun disisi lain ada juga yang sangat mendukung dan ingin keistimewaan Fred dapat dioptimalkan dengan baik yaitu Jane seorang ilmuan yang khusus menangani anak-anak istimewa.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar