“ Menganalisis Film yang berjudul Little
Man Tate”
Karakteristik Anak berebutuhan khusus ini :
a. Secara
psikologis dalam perkembangannya ia mengalami lompatan perkembangan yang
berakibat seringkali perkembangan intelektualnya jauh berada di atas usia
kalendernya. Hal ini akan mengakibatkan adanya deskrepansi (perbedaan) antara
psikis dan biologisnya yang berdampak pada masalah pedagogis. Karena itu usia
kalender (milestone) secara umum yang sering digunakan untuk populasi
cerdas istimewa. Sangat terlihat sekali dalam film tersebut ketika Fred seperti anak ajaib yang ahli dalam memainkan
piano, dan sangat pandai dalam ilmu matematika, juga ahli dalam membuat puisi.
Fred harus lompat kelas dari kelas 2 SD ke salah satu pelajaran di perguruan
tinggi.
b. Anak
cerdas istimewa seringkali usia sangat dini namun sudah mempunyai rasa ingin
tahu yang sangat besar. Dalam film terlihat jelas ketika fred sangat berbeda
dengan teman-teman seusianya. Dia selalu memikirkan hal-hal berat seperti keadaan dan berita-berita yang berkembang
mengenai kehancuran dunia dan lain sebagainya. Dia lebih memilih menghabiskan
liburan musim panasnya untuk belajar di perguruan tinggi ketimbang pergi ke
Disney melihat keindahan, bermain air dalam kolam renang yang indah dan luas
serta pesta kembang api, yang pada umumnya liburan seperti itu yang diinginkan
anak seumurannya.
c. Mempunyai
energi yang luar biasa sehingga menyebabkan ia selalu melakukan observasi,
eksplorasi, dan mempunyai jam tidur yang lebih sedikit daripada anak-anak
normal. Dalam film terlihat jelas ketika fred sangat berbeda dengan teman-teman
seusianya. Dia tidak bisa tertidur pulas karena dia selalu memikirkan hal-hal berat seperti keadaan dan
berita-berita yang berkembang mengenai kehancuran dunia dan lain sebagainya.
Dia berupaya membongkar telepon seluler guna mencari tahu keberfungsiannya
bahkan membetulaknnya.
d. Sekalipun
ia mempunyai ketahanan kerja yang tinggi dan mempunyai konsentrasi yang intens
pada satu kegiatan atau tugas tetapi ia juga mampu melakukan kegiatan lain yang
berbeda-beda. Artinya dalam menangkap dan melakukan pemprosesan informasi ia
melakukannya dengan sangat efisien dengan kapasitas yang besar. Dapat
memberikan perhatian ke berbagai hal sekaligus dengan kualitas yang sama baik.
e. Selain
mempunyai daya ingat yang luar biasa dan minat yang luas, dan juga ia mempunyai
rasa humor yang besar. Mungkin apabila dilihat pada film ini Fred justru
terlihat murung, tidak bisa bergaul dengan teman sebayanya, dia menganggap
teman terbaiknya ialah Dede yaitu ibunya. Disini mungkin terlihat karakteristik
yang berbeda pada Fred apabila dilihat dari karakteristik dalam teori karena
tidak semua anak mempunyai kepribadian yang sama. Fred lebih kepada tipe
kepribadian yang introvert. Bisa kita lihat ketika Fred tidak mau merayakan
ulang tahunnya padahal apabila anak seusianya itu sangat mendambakan hal
tersebut. Lalu ketika Fred tidak dapat bergabung bermain bola dengan teman
sebayanya. Serta Fred dianggap aneh
dan ia dikucilkan oleh teman-teman sekelasnya. Awalnya guru di sekolahnya pun
mengaggap Fred anak yang aneh, namun akhirnya ia menyadari bahwa Fred harus
lompat kelas dari kelas 2 SD.
f. Mempunyai
sifat perfeksionis, kemandirian, dan menginginkan kerja menurut caranya
sendiri. Jelas sekali terlihat dalam film tersebut ketika Fred membuat
puisi-puisi nya, mengerjakan soal fisika di perguruan tingginya dan terlihat
dari serangkaian pertanyaan-pertannyaan yang dia ajukan kepada Dede yang sangat
tinggi dan luas yang apabila dilihat dari umurnya sangat tidak mungkin.
g. Perkembangan
perfeksionisme dan keinginannya mempelajari berbagai hal dari dasar, dapat
membawanya pada pemikiran-pemikiran yang jauh dan tidak biasa dipikirkan oleh
anak seusianya. Misalnya ketika Fred selalu memikirkan hal-hal berat seperti keadaan dan berita-berita yang berkembang
mengenai kehancuran dunia dan lain sebagainya, dimana
pemikiran-pemikiran yang sangat jauh itu dapat membawanya pada cara-cara
berfikir yang berkelanjutan dan dalam. Cara-cara berpikir ini dapat memicunya
kearah kecemasan dan keinginan bunuh diri, dan memerlukan bimbingan pemikiran
dan pengarahan yang baik. Apabila dilihat pada film, Fred selalu sulit tidur
dan mendapatkan mimpi yang buruk sehingga dalam sehari dia hanya tertidur
beberapa jam saja.
h. Sejak
dini seringkali mereka sudah belajar membaca dan menulis dengan caranya
sendiri, tanpa diajari. Kemampuan membaca dan menulis sendiri ini seringkali
justru membawa masalah karena motorik halusnya yang belum berkembang baik dan
memadai yang dapat menyebakannya kefrustasian dan justru ia enggan menulis.
Untuk hal ini ia memerlukan perhatian latihan motorik halus.
i. Sejak
dini sekali seringkali ia sudah belajar tentang pemahaman angka dan berhitung
dengan caranya sendiri tanpa diajari. Cara belajarnya ini justru seringkali
berbeda dengan cara-cara atau metode yang diajarkan disekolah, apabila tak
diperhatikan dan si anak dituntut harus mengikuti metoda disekolah, hal ini
akan membawanya pada rasa kecewa yang luar biasa yang dapat melahirkan motivasi
negative kesekolah. Apabila dilihat dalam film Fred selalu terlihat bosan
dengan suasana dan pelajaran di kelasnya, dia sering kali terbengong atau tida
memperhatikan guru yang ada di depannya, mungkin itu dikarenakan pelajarannya
terlalu mudah dan tidak ada tantangannya.
j. Mempunyai
perkembangan berbicara dan berbahasa yang lebih cepat daripada anak-anak seusianya
dan mempunyai daftar kata-kata pasif yang melebihi seusianya ; tetapi
sebagiannya mengalami perkembangan bicara yang sekalipun mendahului teman
sebayanya namun kemudian seringkali berlanjut pada perkembangan berbahasa
pasif, untuk kemudian ia akan cepat mengejar ketinggalan.
k. Mempunyai
perkembangan nalar yang cepat dan sangat baik, mampu memahami hubungan, sebab
akibat dan perbedaan.
l. Mengalami
ketertinggalan dalam fase objectpermanent. Pada usia anak normal perkembangan
ini akan berlangsung di usia sekitar 18 bulan, yaitu perkembangan membayangkan
seolah-olah orang tuanya berada di sisinya, sekalipun ibunya tidak berada di
sisinya atau tidak terlihat dan permainan dapat dianggap sebagai ibunya. Namun
pada anak-anak cerdas istimewa perkembangan ini baru akan berlangsung di
usianya yang ke 2,5.
m. Mempunyai
perkembangan psikomotorik yang cepat mendahului teman sebayanya.
Kondisi Internal dan Eksternal :
1.
Kondisi
Internal
Apabila dilihat dari cuplikan film Little Man
Tate, yang diperankan oleh Fred
sebagai anak CIBI, terlihat jelas bahwa dia sangat kesepian karena
keistimewaanya itu orang-orang sekelilingnya menganggap dia anak yang aneh dari
mulai teman-temannya hingga gurunya. Sehingga Fred tidak pandai bersosialisasi.
Menurutnya teman terbaiknya adalah Dede yaitu ibunya. Namun disisi lain Fred
sangat bisa berkontribusi untuk keistimewaannya. Dia menyadari akan
keistimewaan dan keberbakatannya sehingga dia gemar membaca berita, memikirkan
kejadian mendatang, melukis dan membuat puisi serta bermain piano. Dia pun
lebih memilih menghabiskan liburan
musim panasnya untuk belajar di perguruan tinggi ketimbang pergi ke Disney
melihat keindahan, bermain air dalam kolam renang yang indah dan luas serta
pesta kembang api, yang pada umumnya liburan seperti itu yang diinginkan anak
seumurannya.
2.
Kondisi
Eksternal :
Apabila dilihat dari
film diatas sangat terlihat sekali bahwa orang-orang sekeliling Fred tidak
menerima akan keistimewaan dan keberbakatan Fred. Mereka lebih menganggap Fred
itu anak yang aneh, itu mungkin dikarenakan ketidaktahuan mereka dan keanehan
sifat yang berbeda pada Fred yang berbeda dengan teman sebayanya. Begitu juga
dengan Dede, ibunya Fred yang sebenarnya mengetahui keistimewaan dan
Keberbakatan Fred namun dia cenderung menutupi dan menginginkan anaknya tumbuh
seperti anak normal lainnya mesti dia mengetahui kalau Fred berbeda. Namun
disisi lain ada juga yang sangat mendukung dan ingin keistimewaan Fred dapat
dioptimalkan dengan baik yaitu Jane seorang ilmuan yang khusus menangani
anak-anak istimewa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar